Informasi Detil Paper


Judul: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tenis Meja Melalui Pendekatan Metode Bagian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Ambon
Penulis: Jonas Solissa  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 11 no. 25 - hal. 29-36 Tahun 2018  [ KIP ]
Keywords:  Hasil belajar, Tenis meja, Siswa, Pendekatan metode bagian.
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tenis meja melalui pendekatan metode bagian pada siswa SMP Negeri 19 Ambon. Menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi dan tes unjuk kerja keterampilan forehand service tenis meja (Rubrik Penilaian). Berdasarkan hasil data penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bagian dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada pokok bahasan tenis meja memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari daya serap siswa meningkat dari siklus I sebesar 65,74% (12 siswa dari 34 siswa sudah tuntas belajar) dan siklus II meningkat menjadi 82,79,%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti dan guru mata pelajaran pendidikan jasmani.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>