Informasi Detil Paper


Judul: Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Melakukan Operasi Hitung Pecahan Dalam Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas Vi.B SD Kristen Dobo Kabupaten Kepulauan Aru Provinsi Maluku
Penulis: Selfie Sahertian  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 9 no. 21 - hal. 77-88 Tahun 2016  [ KIP ]
Keywords:  Model Pembelajaran Kooperatif, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Operasi Hitung Pecahan.
Abstract: Penelitian tindakan kelas ini digunakan dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VI.B SD Kristen Dobo Kabupaten Kepulauan Aru. Dilaksanakan dalam dua siklus dan empat kali pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 34 siswa kelas V.B SD Kristen Dobo yang berada pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Satu orang guru sebagai kolaborator. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika materi melakukan operasi hitung pecahan meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua. Rata- rata aktivitas siswa pada siklus pertama adalah 2.91 menjadi 3.16 pada siklus kedua. Hasil belajar secara klasikal meningkat dari 52.94% (tes awal) menjadi 76.47% (siklus I) dan pada siklus II menacapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sangat efektif dalam meningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>