Informasi Detil Paper


Judul: Implementasi Pmr Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Matematika Mahasiswa PGSD
Penulis: I Made Suarjana  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding Himpunan PGSD 2017 Vol. 1 no. 1 - hal. 22-28 Tahun 2017  [ Prosiding ]
Keywords:  PMR, Lesson Study, Kualitas Pembelajaran.
Abstract: Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika mahasiswa PGSD melalui PMR berbasis lesson study. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD FIP Undiksha kelas B semester IV sebanyak 39 orang. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi dan tes. Metode observasi untuk menjaring data kualitas pembelajaran dan metode tes untuk menjaring data prestasi belajar mahasiswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu setelah diterapkan pembelajaran Matematika realistik: 1) pada siklus I rata-rata kualitas pembelajaran pendidikan matematika II 87, 5% (kategori sangat baik) dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 91, 7% (kategori sangat baik). 2) pada siklus I rata-rata prestasi belajar mahasiswa 93, 8% (kategori sangat baik) dan pada siklus II 94, 13% (kategori sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut, maka kualitas pembelajaran mata kuliah Pendidikan Matematika II dapat dikategorikan sangat baik.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>