Quick Links: Home | Advanced Search | Search All Papers | Paparisa | Unpatti Web Portal
Informasi Detil Paper |
|
Judul: | Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas 3A SDN Sumber Kradenan Kecamatan Pakis |
Penulis: | Dimyati & Ribka E. Talomanafe || email: info@mx.unpatti.ac.id |
Jurnal: | Prosiding Himpunan PGSD 2017 Vol. 1 no. 1 - hal. 146-151 Tahun 2017 [ Prosiding ] |
Keywords: | Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar, IPA, Model Talking Stick. |
Abstract: | Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SDNSumberkradenan Kecamatan Pakis pembelajaran yang dilakukan guru hanyamenggunakan ceramah dan diskusi sehingga menyebabkan aktivitas dan hasilbelajar siswa rendah. Hal ini menyebabkan sebagian besar siswa masih belummencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan (70), terdapat 21 siswa yang tidak tuntas dan 10 siswa yang tuntas. Diperkirakan factor yang mempengaruhi siswa tersebut meliputi: Guru hanya menggunakan ceramahdan disk usi, saat pembelajaran berlangsung guru hanya menjelaskan danmemberikan tugas berdasarkan soal latihan di buku paket. Pembelajaran yangdilakukan oleh guru kurang menarik perhatian siswa, sehingga banyak siswa yangasik bermain-main sendiri dan berbicara dengan temannya yang lain. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan peranguru dalam menerapkan Talking Stick, aktivitas dan hasil belajar siswa padapembelajaran IPA kelas 3A SDN Sumberkradenan Kecamatan Pakismenggunakan model Talking Stick. Penelitian ini menggunakan rancangan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dikembangkan oleh Arikunto. Langkah PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus setiap siklus terdiridari 4 tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 3A SDN Sumberkradenan KecamatanPakis dengan jumlah siswa 31. Instrumen yang digunakan meliputi 1) pedomanobservasi, 2) dokumentasi, 3) tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model Talking Stickdapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa padapembelajaran IPA kelas 3A SDN Sumberkradenan Kecamatan Pakis yang dilihatdari rata-rata aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu 77,78%, 100%, dan siklus II pertemuan 1 dan 2 88,89%, 100% dan aktivitas siswa mendapat rataratapada siklus I dan II yaitu 32,25%, 52%,71%, 84% sedangkan hasil belajarsiswa pada siklus I dan II yaitu 64,51%,74%,76%,89%. |
File PDF: | Download fulltext PDF |
<<< Previous Record | Next Record >>> |
AMANISAL (Perikanan & IK)
| Info
BUDIDAYA PERTANIAN (Pertanian)
| Info
CITA EKONOMIKA (Ekonomi)
| Info
EKOSAINS (Ekologi dan Sains)
| Info
Indonesian Journal of Chemical Research (MIPA)
| Info
JENDELA PENGETAHUAN (KIP)
| Info
MOLUCCA MEDICA (Kedokteran)
| Info
Pedagogika dan Dinamika Pendidikan (KIP)
| Info
TRITON (Perikanan & IK)
| Info
Prosiding Archipelago Engineering 2018
| Info
Prosiding Archipelago Engineering 2019
| Info
Akses dari IP Address 18.118.193.223
The academic paper repository is maintained by 132125676 for Universitas Pattimura :: All rights reserved Unpatti © 2012 - 2024