Informasi Detil Paper


Judul: Analisis Bahan Ajar Kontrastive Kulturkunde Menurut Model ADDIE
Penulis: Tamaela Ida Costansa  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Tahuri Vol. 13 no. 1 - hal. 1-9 Tahun 2016  [ KIP ]
Keywords:  Analisis, Materi Ajar, Kontrastive Kulturkunde, Model ADDIE
Abstract: Penulisan artikel ini menyajikan cara menganalisis materi ajar Kontrastive Kulturkunde menurut model ADDIE. Tujuannya agar pengajar mampu mengelola proses belajar mengajar yang efektif dan inovatif serta mampu membekali peserta didik dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam kehidupannya di tengah masyarakat. Selanjutnya pengajar diharapkan mampu menemukan faktor kesenjangan dalam pembelajaran, yang meliputi, masalah materi bahan ajar (Content), karakteristik mahasiswa (Learners) dan Fasilitas di sekolah (Context). Melalui analisis ini pengajar dapat memperoleh berbagai informasi dan mengidentifikasi berbagai masalah yang ada. Hasil kajian yang diperoleh pada materi ajar Kontrastive Kulturkunde adalah bahwa materi ajar Kontrastive Kulturkunde yang digunakan masih berorientasi kognitiv (kognitive Orientierung) yang membahas tema-tema geografi, sejarah, politik dan kebudayaan (Hochkultur). Kemudian peserta didik yang mengikuti mata kuliah Kontrastive Kulturkunde, tingkat kemampuan bahasa (niveau) mereka belum setingkat B1. Dan bahan ajar yang digunakan masih sangat minim, masih berupa buku text saja. Untuk itu diperlukan upaya dari pengajar ataupun pihak sekolah yang dapat mengatasi masalah yang dihadapinya.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>