Informasi Detil Paper


Judul: Penerapan Metode Penelitian Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Belajar Siswa
Penulis: Hamid Dokolamo  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 11 no. 24 - hal. 1-8 Tahun 2018  [ KIP ]
Keywords:  Pembelajaran sejarah, metode penelitian sejarah, keterampilan proses.
Abstract: Dalam praktek proses pembelajaran sejarah masih ditemukan permasalahan metodologis, yakni kecenderungan guru menggunakan metode mengajar yang bersifat ekspositori. Akibatnya siswa kurang tertarik belajar sejarah, daya nalar mereka kurang berkembang sehingga menganggapnya sebagai pelajaran yang membosankan dan tidak memiliki nilai guna. Oleh karena itu, penulisan inimengkaji tentang metode mengajar menggunakan metode penelitian sejarah atau historiografi sebagai salah satu metode mengajar guru di kelas.Langkah-langkah dalam pembelajaran menggunakan metode penelitian sejarah, yakni diawali dengan pengumpulan data (heuristik), melakukan kritik terhadap sumber- sumber data yang diperoleh (kritik), melakukan penafsiran terhadap data (Interpretasi) dan langkah terakhir yaitu menyajikan hasil penelitian dalam bentuk penulisan sejarah (historiografi). Penerapan metode penelitian sejarah tersebut dalam setiap proses pembelajaran selain berguna untuk melatih keterampilan proses belajar siswa berupa keterampilan intelektual terutama keterampilan bercerita dan menulis sejarah juga diharapkan dapat memperkenalkan struktur keilmuan sejarah pada siswa khususnya di tingkat SMA.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>