Informasi Detil Paper


Judul: Pengelolaan Manajemen Pemasaran Dan Produksi Usaha Jahe Instan Di Dusun Seri Desa Latuhalat Pada Kelompok Usaha Seri Jaya
Penulis: Erly Leiwakabessy  || email: info@mail.unpatti.ac.id
Jurnal: Bakti Vol. 1 no. 2 - hal. 49-58 Tahun 2012  [ LPM ]
Keywords:  Manajemen usaha, modal dan pembukuan sederhana
Abstract: Pengembangan jahe di Indonesia sampai saat ini masih memiliki peluang dan prospek yang sangat baik. Hal ini didasarkan pada kondisi iklim dan tanah yang sesuai dan didukung dengan masih terbukanya pasar, baik untuk dalam maupun luar negeri. Jahe paling banyak digunakan sebagai bahan rempah-rempah dan bumbu masak. Selain itu, jahe juga dapat digunakan dalam industri makanan dan minuman, juga obat-obatan. Meluasnya penggunaan jahe tersebut menyebabkan ada peningkatan serapan pasar dan volume perdagangan, baik untuk pasar dalam maupun luar negeri. Masalah utama yang dihadapi kelompok usaha Seri Jaya yang terdiri dari ibu-ibu yang, yakni dibutuhkannya pendampingan intensif dari institusi-institusi berwenang seperti dinas- dinas terkait, atau lembaga perguruan tinggi, untuk dapat memberikan arahan baik dalam pemasaran (kemasan, merek, saluran distribusi, promosi) maupun terhadap masalah keuangan (modal dan pengelolaan keuangan) Implikasi dari hasil kegiatan yaitu meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana mengelola modal, mengemas produk yang baik serta menyalurkan/distribusi produk jahe instan ke agen. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan melakukan pendampingan dan pemantauan insentif bagi pengembangan usaha terutama meningkatkan produksi jahe instan dan pada akhirnya diharapkan adanya kemandirian kelompok usaha seperti memiliki tempat kegiatan produksi yang permanen.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>