Informasi Detil Paper


Judul: Pengaruh Strategi Pembelajaran Debat Dan Gaya Kognitif Terhadap Kecakapan Mengungkapkan Pendapat Pelajaran PKn di SMA
Penulis: Darwis  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 11 no. 24 - hal. 32-44 Tahun 2018  [ KIP ]
Keywords:  Strategi Pembelajaran Debat, Gaya Kognitif, Kecakapan Mengungkapkan Pendapat.
Abstract: Pengaruh Strategi Pembelajaran Debat dan Gaya Kognitif terhadap Kecakapan Mengungkapkan Pendapat Pelajaran PKn di SMA. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMA pada umumnya tidak mengembangkan kemampuan berpikir, pembelajaran didalam kelas diarahkan kepada kemampuan pebelajar untuk menghafal, pembelajar lebih berperan dominan daripada pebelajar, pembelajar lebih banyak mengajarkan teori dan pengetahuan daripada mengajarkan keterampilan, pembelajar kurang merencanakan konsep yang sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran. Proses pembelajaran belum dapat dilaksanakan secara optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran dengan teknik debat. Debat dipandang perlu pada strategi pembelajaran yang melibatkan peran aktif pebelajar, untuk meningkatkan kecakapan mengungkapkan pendapat dalam proses belajar, dan mampu mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psykomator. Dalam hal ini, untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran debat dan gaya kognitif yang dimiliki pebelajar terhadap kecakapan mengungkapkan pendapat. Dengan demikian, tujuan adalah menentukan pengaruh utama (main effect) dan pengaruh interaksi (interaction effect) variable perlakuan dan moderator terhadap kecakapan mengungkapkan pendapat pebelajar. Hasil yang menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan kecakapan mengungkapkan pendapat pebelajar PKn dengan menggunakan strategi pembelajaran debat, (2) kecakapan mengungkapkan pendapat pebelajar mata pelajaran PKn antara kelompok pebelajar yang memiliki gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent berbeda secara signifikan, dan (3) strategi pembelajaran debat menunjukkan ada pengaruh interaksi terhadap kecakapan mengungkapkan pendapat pebelajar mata pelajaran PKn di SMA. Hasil analisis statistic deskriptif menunjukkan bahwa, kecakapan mengungkapkan pendapat pebelajar pada mata pelajaran PKn dengan penerapan strategi pembelajaran debat (rerata72,82), kelompok pebelajar yang memiliki gaya kognitif field independent (rerata 80,00) memberikan pengaruh lebih tinggi dibandingkan dengan gaya kognitif field dependent (rerata73,38). Berdasarkan temuan, disarankan kepada para pembelajar untuk dapat mencoba menggunakan strategi pembelajaran debat dalam mata pelajaran PKn yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran, memilih permasalahan (isu-isu) yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, sehingga dapat menarik minat pebelajar untuk belajar.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>