Informasi Detil Paper


Judul: Pengaruh Metode Pembelajaran Tipe Pairs Checks/ Make A Match Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa SMP Muhammadiyah Ambon
Penulis: Wa Ima  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 11 no. 24 - hal. 54-68 Tahun 2018  [ KIP ]
Keywords:  Metode Tipe Pairs checks, metode Make a match, kemampuan awal, hasil Belajar IPS Sejarah.
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perbedaan hasil Belajar IPS Sejarah Siswa antara Siswa yang diberi metode pembelajaran tipe Pairs checks dan yang diberi metode pembelajaran make a match dan kemampuan awal terhadap hasil Belajar IPS Sejarah Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain model korelasi multipel. Populasi pada siswa SMP Muhammadiyah Ambon semester ganjil tahun 2016-2017. Sampel pada penelitian ini sebanyak 34 siswa, yang diambil dari dua kelas yang diberi perlakuan berbeda, yaitu 34 Siswa dari kelas yang belajar dengan metode pembelajaran tipe Pairs checks dan 34 Siswa dari kelas yang belajar dengan metode pembelajaran tipe make a match. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekni undi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar IPS Sejarah. Validitas instrumen diuji dengan teknik korelasi Product Moment dan reliabilitas instrument dengan KR-20. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis varians (ANAVA) dengan desain model korelasi Multipel yang dilanjutkan dengan uji Tuckey untuk melihat interaksi dan perbedaan antar kelompok. Sebelum dilakukan Uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas melalui uji Bartlett. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan sebaran data normal dan populasi homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil analisis varians dua jalur antar kolom diperoleh harga Fhitung􏰘 15, 45 > Ftabel 4.15 pada taraf signifikansi alpha 􏰊Tuckey􏰑 􏰂􏰈􏰌􏰊diperoleh harga Qhitung􏰘 5,55 > Qtabel alpha nol (H0) di tolak dan (H1) di terima. Hal ini berarti rata- rata hasil Belajar IPS Sejarah Siswa yang belajar dengan metode pembelajaran tipe Pairs checks lebih tinggi dibandingkan dengan Siswa yang belajar dengan metode pembelajaran make a match.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>