Informasi Detil Paper


Judul: Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Teknik Modeling Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas VIII.A SMPN 1 Sabbangparu
Penulis: Herniyastuti  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 11 no. 25 - hal. 1-7 Tahun 2018  [ KIP ]
Keywords:  Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen, Teknik Modeling, Pendekatan Kontekstual.
Abstract: Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan keterampilan menulis cerpen menggunakan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual pada peserta didik SMPN 1 Sabbangparu. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur dan Pelaksaan penelitian terbagi 2 siklus. Siklus 1 dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus II di lakukan 2 kali pertemuan. Pemeroleh data menggunakan pedoman pengamatan, angket, wawancara dan tes. Teknik analisis secara kualitatif dan analisis hasil tindakan berupa skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan dilihat dari keberhasilan proses dan produk. Pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual pada peserta didik kelas VIII.A SMPN 1 Sabbangparu diawali dengan menentukan ide menulis cerpen. Peserta didik belum meminati menulis cerpen pada siklus I dengan perolehan skor rata-rata 70,31 dan pada siklus II peserta didik memeroleh nilai skor rata- rata 8,87 poin. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui penggunaan teknik modeling dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan penulisan cerpen pada peserta didik kelas VIII.A SMPN 1 Sabbangparu.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>