Informasi Detil Paper


Judul: Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Basedlearning) Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 14
Penulis: Mohammad Amin Lasaiba  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 11 no. 25 - hal. 8-21 Tahun 2018  [ KIP ]
Keywords:  Model pembelajaran berbasis masalah, Hasil belajar.
Abstract: Guru SMP Negeri 14 Ambon menggunakan model ceramah dan tanya jawab dalam proses pembelajaran. Sebagian besar peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Model pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik adalah model pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data (1) dokumentasi; (2) tes (evaluasi setelah tindakan); nontes (evaluasi berdasarkan lembar observasi peserta didik). Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi terhadap tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pelapukan mata pelajaran geografi di kelas VII-2 SMP Negeri 14 Ambon Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Hal tersebut ditandai ketercapaian indikator keberhasilan siklus II sebesar 94,57%. Pencapaian ketuntasan belajar individual, siklus I sebesar 54,24% dan siklus II sebesar 100%.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>